Menu
0813-1126-3588

WA : 08788-645-0001

Hukum Jual Beli Secara Kredit Dengan Adanya Klausul Penalti

Monday, February 1st 2016.

Pertanyaan:

Apakah akad jual beli dalam kondisi harga barang ditetapkan dengan tempo dengan angsuran bulanan disertai klausul syarat penalti di mana nilai angsuran dinaikkan pada kondisi pembeli tidak mampu atau terlambat membayar angsuran pada waktunya, apakah jual beli tersebut syar’i?

Jawab:

Assalamu ‘alaikum wa rahmatullah wa barakatuhu.

jual beli dengan harga segera (kontan) terakadkan. Demikian juga jual beli dengan harga tempo yaitu dengan angsuran juga terakadkan. Akan tetapi, tidak boleh harga dinaikkan disebabkan ketidakmampuan pembeli membayar angsuran tepat waktu. Akan tetapi jika tidak bayar itu terjadi dari orang kaya yang mengulur-ulur pembayaran maka terhadapnya dijatuhkan sanksi dari negara, yakni terhadapnya diajukan dakwaan mengulur-ngulur pembayaran. Hal itu berdasarkan sabda Rasul saw dalam hadits yang diriwayatkan oleh Abu Dawud dari Amru bin asy-Syarid dari bapaknya dari Rasulullah saw beliau bersabda:

«لَيُّ الْوَاجِدِ يُحِلُّ عِرْضَهُ، وَعُقُوبَتَهُ»

Mengulur-ulur waktu pembayaran oleh orang kaya yang mampu membayar menghalalkan kehormatannya dan sanksinya.

Layyu yakni mengulur-ulur, dan al-wâjidu yakni orang kaya yang mampu membayar, dan yuhillu ‘irdhahuyakni halal dikatakan ia mengulur-ulur dan itu dikatakan dengan keras, sementara ‘uqûbatahu maknanya jelas (yakni halal dijatuhkan sanksi terhadapnya – pent) …

Jika tidak bayar itu disebabkan kesulitan, maka dia diberi tangguh hingga mempunyai kelapangan. Allah SWT berfirman:

﴿ وَإِن كَانَ ذُو عُسْرَةٍ فَنَظِرَةٌ إِلَىٰ مَيْسَرَةٍ وَأَن تَصَدَّقُوا خَيْرٌ لَّكُمْ إِن كُنتُمْ تَعْلَمُونَ

Dan jika (orang yang berhutang itu) dalam kesukaran, maka berilah tangguh sampai dia berkelapangan. Dan menyedekahkan (sebagian atau semua utang) itu, lebih baik bagimu, jika kamu mengetahui. (TQS al-Baqarah [2]: 280)

Atas dasar itu maka jika terakadkan jual beli kontan atau dengan angsuran, maka harga telah jadi mengikat kedua pihak. Tidak boleh dinaikkan harganya dikarenakan ketidakmampuan membayar. Jika tidak maka itu adalah riba. Jenis riba tersebut dahulu tersebar luas pada masa jahiliyah. Diriwayatkan dari asy-Syafi’iy ia berkata:

وَكَانَ مِنْ رِبَا الْجَاهِلِيَّةِ أَنْ يَكُونَ لِلرَّجُلِ عَلَى الرَّجُلِ الدَّيْنُ فَيَحِلُّ الدَّيْنُ، فَيَقُولُ لَهُ صَاحِبُ الدَّيْنِ: تَقْضِي أَوْ تُرْبِي، فَإِنْ أَخَّرَهُ زَادَ عَلَيْهِ وَأَخَّرَهُ

Termasuk riba jahiliyah adalah seorang laki-laki memiliki utang kepada orang lain lalu utang itu jatuh tempo, lalu pemilik utang (kreditor) berkata: engkau bayar atau engkau tambah, maka jika ia menunda (mengakhirkan), utangnya dinaikkan dan diakhirkan (ditunda jatuh temponya)

Ringkasnya, bahwa harga yang disepakati di awal bersifat mengikat kedua pihak. Harga tidak boleh dinaikkan karena ketidakmampuan membayar pada waktunya dan ditangguhkan ke waktu lain dengan dinaikkan harganya. Jika tidak itu adalah riba.

 

Saudaramu

Atha’ bin Khalil Abu ar-Rasytah

Hukum-Denda-Dalam Hutang-menurut-Pandangan-Islam

Hukum-Denda-Dalam Hutang-menurut-Pandangan-Islam

Properti Terbaru

Promo
Kredit Rumah Syariah Cikarang Selatan Cirendeu Gelagah Hills Tanpa Bank Tanpa Riba

Kredit Rumah Syariah Cikarang Selatan Cirendeu Gelagah Hills Tanpa Bank Tanpa Riba

1.466.300.000
Cirendeu, Tangerang Selatan
Lt/Lb : 103 m² / 90 m²
Lihat Detail »
Limited
Kredit Perumahan Syariah Jatiasih Bekasi Tanpa Bank Tanpa Riba Tanpa Bunga

Kredit Perumahan Syariah Jatiasih Bekasi Tanpa Bank Tanpa Riba Tanpa Bunga

798.000.000
Jatiasih, Bekasi
Lt/Lb : 73 m2 m² / 80 m2 m²
Lihat Detail »
Promo
Rumah Murah Sukabumi Tanpa Bank Type 39 45

Rumah Murah Sukabumi Tanpa Bank Type 39 45

Rp 275.000.000
Jl Pelabuhan II, Sukabumi
Lt/Lb : 72 m2 m² / 39 m2 m²
Lihat Detail »